Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Pada RM. D'Serdang
Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan menengah. Data UMKM di Kota Yogyakarta menunjukan adanya empatpuluh delapan ribu UMKM. Faktor keberhasilan UMKM di antaranya adalah promosi melalui media sosial dan mengikuti event atau pameran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk mempromosikan produknya adalah media sosial, seperti Instagram. Pengabdian ini dilakukan guna untuk meningkatkan pemasaran UMKM pada RM. D’Serdang dengan memberikan pemahaman dan pelatihan pemanfaatan media sosial, serta e-commerce sebagai media pemasaran. Tahapan pelaksanan kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu pelatihan desain brosur menggunakan aplikasi canva, pelatihan menggunakan e-commerce, serta pelatihan menggunakan media sosial facebook. Hasil dari pelatihan ini berupa akun media sosial facebook untuk promosi, akun Grab-Food dan akun Go-Food untuk meningkatkan pemasaran produk RM. Serdang, dan pelatihan menggunakan aplikasi canva untuk mendesain brosur serta konten media sosial facebook. Dari hasil kegiatan ini diharapkan RM. D’Serdang dapat berkembang dengan adanya modernisasi pemasaran produknya